Morning Rush 4 Januari 2021
View PDF
04 Jan 2021

Global Market Closing Review 

Bursa Eropa ditutup negatif pada Kamis waktu setempat, dengan jam perdagangan yang berlagsung hanya 1 sesi . Secara tahunan (YTD) tercatat indeks FTSE Inggris turun 14%, indeks CAC Prancis turun 7% dan indeks DAX Jerman naik 3,5%. Parlemen Inggris pada Rabu waktu setempat menyepakati perjanjian perdagangan Inggris dan Eropa (post brexit deal) yang akan diimplementasikan tahun ini. Bursa Amerika (US) ditutup positif pada hari terakhir perdagangan di akhir tahun, dengan Indeks Dow dan S&P memecahkan rekor penutupan tertinggi. Secara tahunan tercatat Indeks Dow naik 7%, indeks S&P naik 15% dan indeks saham teknologi Nasdaq naik 43,4% (YTD). 


Asia Market Opening 

Sebagian bursa Asia dibuka positif pagi ini dengan bursa Korea akan dibuka lebih lambat yaitu pukul 10.00 waktu setempat. Pada penutupan perdagangan di akhir tahun, secara tahunan (YTD) tercatat Bursa China memimpin kenaikan tertinggi dengan bursa Shenzhen +38%, di sisi lain bursa Singapura tercatat turut paling dalam di Asia hingga -11,7%. Dari China pada Rabu pekan kemarin, menyelesaikan pembahasan Perjanjian Komprehensif terkait Investasi bersama Eropa, yang mempermudah akses kerjasama antar kedua negara. Sementara itu, ketegangan antara China dan AS kembali terjadi setelah delisting 3 perusahaan teknologi China di New York Stock Exchange yang akan efektif selambatnya 11 Januari 2021. 


Domestic News

  • Pemerintah DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Masa Transisi menuju masyarakat sehat, aman, dan produktif hingga 17 Januari 2021 atau dua pekan.
  • Pemerintah telah menunjuk Konsorsium Patimban sebagai Badan Usaha Pelaksana Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha Pelabuhan Patimban di Subang-Jawa Barat dengan masa konsesi 40 tahun. Salah satu anggota dari Konsorsium Patimban tersebut adalah PT Indika Logistic & Support Services (ILSS), yang merupakan anak perusahaan terkendali milik PT Indika Energy Tbk (INDY). 


Emiten 

MNCN - saluran televisi milik perusahaan kembali menorehkan prestasi perolehan pangsa pasar tertinggi sepanjang 2020, dengan RCTI, MNCTV, GTV dan iNews mencapai audience share (pangsa pemirsa) hingga 56,5%.






PT Mandiri Sekuritas 

Menara Mandiri 1 Lt. 24 - 25, Jl. Jend. Sudirman Kav. 54 - 55, Jakarta 12190,

Indonesia Tel. (62-21) 526 3445 Fax. (62-21) 526 3521

www.most.co.id